Langsung ke konten utama

Tugas Makalah Bahasa Pemograman1



MAKALAH
Praktikum Bahasa Pemograman1
MODUL I




Disusun oleh :

Nama :
Agustina Rohmawati
NIM   :
20160810085
Prodi  :
Teknik Informatika


LABORATORIUM KOMPUTER
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS  KUNINGAN
Jalan Cut Nyak Dhien Cijoho Kuningan
2017




KATA PENGANTAR

Alhamdulillah dengan memanjtkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Penulis dapat meneyelesaikan makalah ini dan tak lupa penulis haturkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu Penulis dalam menyelesaikan makalah ini. Dalam makalah yang berjudulMakalah Java dan Netbeans ini, akan dibahas mengenai pengertian Java, sejarah Java itu sendiri, kemudian dasar-dasar pemrograman Java yang menjelaskan tentang variabel, tipe data, dan operator yang terdapat dalam bahasa pemrograman Java. Dan juga akan di jelaskan tentang setting path pada Java.
Selain itu, untuk mempermudah pemahaman sebagai bahan latihan, Penulis juga menyertakan contoh program Java yang dapat dipraktekkan oleh para pembaca.Namun demikian,
Penulis menyadari bahwa makalah tersebut masih banyak  kekurangan dan masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis berharap akan kritik dan sarannya dari segenap pembaca. Demikianlah semoga makalah yang telah dibuat tersebut dapat bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih





                                                                                                                                                                                                                                Kuningan,  November 2017
Penulis ,
           
       Agustina Rohmawati








DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.......................................................................................................
DAFTAR ISI....................................................................................................................
BAB I       PENDAHULUAN
I.    Latar Belakang.........................................................................................................
II.    Rumusan Masalah...................................................................................................
III.     Tujuan dan Manfaat.............................................................................................
BAB I       PEMBAHASAN
A.   Pengertian Java........................................................................................................
B.    Sejarah Java.............................................................................................................
C.   Struktur Dasar Pemograman Java............................................................................
D.   Kelebihan dan Kekurangan Java..............................................................................
E.    Pengertian Netbeans................................................................................................
F.    Sejarah Netbeans.....................................................................................................
G.    Keunggulan dan Kelemahan Netbeans...................................................................
H.    Setting path pada Java............................................................................................
I.    Contoh Program Sederhana Java dan Netbeans.......................................................
     PENUTUP
J.      Kesimpulan.............................................................................................................
    DAFTAR PUSTAKA







BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang Masalah
Pesatnya teknologi, terutama teknologi komputer sudah tak bisa dipungkiri lagi, bagi yang mengikuti perkembangannya, ia tidak akan dipandang sebelah mata. Sebaliknya, bagi yang tidak mengikuti perkembangannya, bersiaplah untuk mundur secara suka rela dari panggung kompetisi. Ibarat wabah, teknologi komputer sudah menyusupi hampir semua bidang kehidupan manusia. Dari pemerintah pusat sampai tingkat pemerintah desa, perusahaan-perusahaan, supermarket, minimarket, perguruan tinggi, SLTA, SLTP, bahkan SD hamper semuanya mengenal komputer.
Saat ini, yang mempunyai lingkungan yang semakin luas dan banyak diminati, juga dapat digunakan untuk menghasilkan uang  adalah dunia pemrograman komputer. Dalam dunia pemrograman komputer, dikenal banyak bahasa pemrograman, seperti C, C++, Pascal, Basic, Java, dan lain-lain. Di antara banyaknya bahasa pemrograman, dalam Makalah ini Penulis akan membahas  Tentang Java netbeans berikut contoh programnya.
      2. Rumusan Masalah
                   1.      Apa yang dimaksud dengan Java ?
                              2.      Bagaimana Sejarah Java secara Lengkap?
                        3.     Apa saja Struktur Dasar Pemograman Java?
4.     Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Java?
      5.      Apa yang dimaksud NetBeans?
6.      Bagaimana Sejarah NetBaeans secara lengkap?
                       7.      Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan NetBeans?
                              8.      Bagaimana cara menyertting path NetBeans pada Java?
  9.      Bagaimana contoh program menggunakan Java dan NetBeans?

3.      Tujuan dan Manfaat
Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini antara lain :
Untuk memenuhi tugas dari dosen mata kuliah Bahasa Pemograman1 Untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi semua pembaca termasuk penulis yang telah mencari infomasi perkembangan teknologi dan referensi mengenai teknologi tentang java  dan NetBeans tersebut.

BAB II
PEMBAHASAN

       1.         Pengertian Java
         Java adalah suatu teknologi di dunia software komputer. Selain merupakan suatu bahasa pemrograman, Java juga merupakan suatu platform. Java merupakan teknologi di mana teknologi tersebut mencakup Java sebagai bahasa pemrograman yang memiliki sintaks dan aturan pemrograman tersendiri, juga mencakup Java sebagai platform yaitu di mana teknologi ini memiliki virtual machine dan library yang diperlukan untuk menulis dan menjalankan program yang ditulis dengan bahasa pemrograman java.
             2.         Sejarah Tentang Java
         Java Programming atau Bahasa pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak.
          Pelopor proyek tersebut adalah Patrick Naughton,  Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang. Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai “*7″ (Star Seven).
          Setelah zaman Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan TV kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto. Perusahaan baru ini bertambah maju, jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.
          Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java.
            James Gosling dan kawan-kawan telah mengantarkan bahasa pemrograman baru (Java) yang dapat berjalan pada semua platform peranti elektronika. Perbedaan platform diatasi dengan membuat mesin virtual pada arsitektur bahasa pemrograman yang baru. Mesin virtual tersebut akan menerjemahkan kode pemrograman menjadi bahasa yang dikenali mesin apa pun. Java juga dikenal sangat andal dan memiliki sistem keamanan sendiri.
Java hadir pada momentum yang tepat saat internet dan kebutuhan aplikasi multimedia mulai berkembang. James Gosling membuktikan kehebatan Java bersama John Gage, direktur Sun Science Office saat memberikan presentasi bertajuk "Hollywood-meets-Silicon-Valley" di awal tahun 1995. Ia berhasil memperlihatkan gerakan molekul tiga dimensi di tengah-tengah layar komputer dengan menggerakkan mouse. Apalagi sejak HotJava (sebelumnya disebut WebRunner) browser internet berbasis Java siap diluncurkan sebulan kemudian. Kerjasama antara Sun Microsystems dan Netscape untuk memasang Java pada browser Netscape Communicator saat dirilis kemudian ikut mempercepat ketenaran Java.
Sejak dirilis pada 23 Mei 1995, Java segera melejit menjadi bahasa pemrograman favorit. Java menghasilkan gelombang baru dalam dunia komputasi. Apalagi Sun memberikan source code Java secara cuma-cuma melalui internet. Dengan demikian Java segera tersebar dan setiap orang dapat mencoba dan memberikan umpan balik. Respons yang diberikan para pengguna Java ikut berkontribusi memperbaiki dari versi alpha (1.0a2) hingga versi 2 pada saat ini. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemberitaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995. Keberhasilan Sun menghadirkan Java sebagai yang terdepan dalam komunikasi internet tidak lepas dari peran James Gosling, arsitek bahasa pemrograman Java.
Sayang terjadi perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape.
          Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja “bapak java”, James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi “Java”. Nama ini diambil dari kopi murrni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling. Konon kopi ini berasal dari Pulau Jawa. Jadi nama bahasa pemrograman Java tidak lain berasal dari kata Jawa, karena bahasa Inggris Jawa adalah Java.


                 3.   Struktur Program Java
           a.  Package atau Paket
       Package atau paket adalah cara pengelompokan dan pengorganisasian class-class dalam satu library. Package bekerja dengan membuat direktori dan folder baru sesuai denga penamaan package, kemudian menyimpan file class pada folder tersebut.
deklarasi:
package namaPackage;
       Package adalah perintah java yang digunakan untuk memberitahukan bahwa suatu class adalah anggota dari package, sedangkan namaPackage dapat berupa susunan direktori tempat dimana file class disimpan atau nama folder. Penulisan nama package dalam java biasanya diawali denga huruf kecil.
           b.        Import
       Perintah import digunakan untuk memberitahukan kepada program untuk mengacu pada class-class yang terdapat pada package tersebut dan buka menjalankan class-class tersebut. Dalam program, anda dapat mengimport class-class tertentu saja dan dapat pula mengimport semua class yang terdapat pada package.
deklarasi:
import namaPackage.*;
import namaPackage.namaKelas;
Untuk mengimport semua class anda menggunakan tanda asterisk (*) pada akhir nama package. Sedangkan untuk mengimpor class tertentu anda dapat menuliskan nama class setelah nama package.
           c.         Comments atau Komentar
    Comments atau komentar adalah catatan yang ditulis bersama kode program yang berguna sebagai catatan/keterangan dari suatu kode, sehingga dapat digunakan sebagai referensi dalam pembuatan dokmentasi. Komentar merupakan bagian dari program yang tidak mempengaruhi jalannya program saat program dikompilasi atau dieksekusi. Dalam penulisan komentar, java mengizinkan penulisan komentar dalam versi java sendiri yang dapat digunakan sebagai pembuatan dokumentasi html. Selain itu java juga mengadopsi penulisan versi C dan C++ akan tetapi dapat dibuat dokumnetasi html.




lambang untuk comments :
double slash ( // ), untuk memberikan penjelasan satu baris
    contoh:
           //latihan java.
     komentar di atas menggunakan // sebagai penanda komentar yang berarti satu baris.
-   tanda/**, digunakan sebagai awalan dalam penulisan komentar java
    contoh:
               /**
*ini adalah contoh komentar dalam versi java
*menguasai pemrograman java
didalam tanda tersebut anda dapat menulisakan lebih dari satu baris komentar.
tanda /* dan tanda */, penulisan komentar yang diawali dengan tanda /** kemudian
    setelah tanda tersebut di anggap sebagai komentar yang panjang, anda
    dapat menggunakan tanda/* dan di akhiri tanda */
contoh:
                  /* ini baris komentar hingga 2
                  Baris, ini yang pertama
                  Ini baris yang kedua*/
komentar akan di anggap sebagai Javadoc commets yang menggunakan tanda /** dan di akhiri */ komentar ini digunakan untuk momberikan dokumentasi tentang class, data dan method yang digunakan.
d. Modifier
       Modifier adalah keyword java yang berfungsi mengatur hubungan antar class, method, dan variable. Hubungan yang dimaksud yakni apakah suatu variable, method dan class dama satu class dapat diakses oleh class dan method lainya. Modifiers adalah beberapa kata khusus tertentu yang digunakan dalam aplikasi Java. Modifiers dalam Java berfungsi Untuk menetapkan property dari data, method, atau class dan bagaimana cara menggunakannya.
Macam-macam modifier:
Public
    Bisa diakses oleh kelas .
Protected
   Bisa diakses tetapi hanya untuk kelas anak.
Private
  Tidak bias diakses.
e.  Statements
     Statements merupakan baris perintah atau kumpulan perintah. Statements mempresentasikan sebuah aksi atau sebuah urutan aksi. Setiap statements pada java selalu diakhiri dengan titik koma (;).
          contoh:
             System.out.println(“Selamat datang di stya bloegst.....”);

yang akan menghasilkan dicetaknya kalimat yang berada di dalam kurung dan diantara tanda petik ke console windows.
f.  Blocks
          Blocks adalah himpunan pernyataan yang terdapat diantara tanda brace/kurung kurawal   {…}. Block digunakan untuk membentuk sekelompok (satu blok) perintah atau komponen lain (grup statements). Dalam program digunakan untuk membentuk sebuah struktur pada program seperti class atau method.
contoh:
                 Public class stya
                 {   //awal blok clas
    
                 } //akhir dari blok class
Macam-macam block:
-  block class
Blok class dimulai dari tanda “{“ setelah identifier dan diakhiri dengan tanda “}”. Disini terlihat blok class sebagai hierarkhi tertinggi yang didalamnya terdapat data, blok method.
-   block method
     Blok method terdapat dalam blok class dan tidak dapat berdiri sendiri. Blok method terdiri        atas data dan struktur control.
-  block control
Blok kontrol merupakan representasi struktur control
           g.        Classes
          Classes adalah struktur program yang paling mendasar pada Java class. Suatu class merupakan “blueprint” untuk menciptakan suatu objek. Untuk melakukan pemograman dengan menggunakan bahasa java kita harus mengerti dasar-dasar pemograman berorientasi object. Juga mampu membuat class dan menggunakannya di dalam pemograman.
Format class :
 Modifier class nama_calss{
              }

Contoh:
               Public class stya{
               }

               Privat class stya{
               }
h.  Method atau Fungsi
          Sebuah class harus memiliki setidaknya sebuah method. Class utama dalam program java harus memiliki method utama .Jadi method harus ada di dalam class dan tidak dapat berdiri sendiri seperti sebuah fungsi diluar class.
format penulisannya:
Modifier tipe_data_balikan nama_method (parameter){
}
Contoh :
                                                Public void stya(){
 
                                              }
i.  Main method
       Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa tiap class harus memiliki method , dan class utama dalam program juga harus memiliki method utama yang disebut juga main method.main method ini fungsinya mengontrol seluruh alur dari program sewaktu menjalankan tugasnya.
contoh:
public static void main (String args []){
System.out.println (“Selamat daytang di stya bloegst”);
}

           j.  Reserved Word atau Kata Kunci 
       Reserved Word atau Kata Kunci  merupakan kata yang sudah memiliki arti tersendiri atau khusus bagi interpreter dan compiler java untuk diterjemahkan menjadi perintah kepada computer untuk mengerjakan sesuatu.
                                 contoh :
    Public, Static, Void, Privat, Protected
                 2. Elemen Pembentuk Java
         a. Identifiers
          Identifiers adalah suatu tanda yang berupa huruf, kata, atau gabungan kata yang digunakan untuk penamaan dalam pemrograman pada variabel, konstanta, method, class, dan package. Java merupakan bahasa pemrograman yang case-sensitive (membedakan antara huruf besar dan kecil).
Aturan penamaan identifiers pada java adalah :
1. Dapat dimulai dengan huruf, underscore ( _ ) atau tanda $
                 2. Tidak dapat menggunakan simbol operator seperti : +, - , * , / dan lain- lain
       3. Tidak dapat menggunakan reserved word
       4. Dapat mempunyai panjang berapa saja.
    b.  Variables
          Variables digunakan untuk input,output atau menyimpan hasil suatu proses pada
         program.
Untuk melakukan deklarasi suatu variables digunakan :      
                   -  Data type variable Name;
                   Contoh :    
                   int angka;
                   untuk mendeklarasi sekaligus melakukan inisialisasi digunakan :
                  Data type variable Name = value;
                   Contoh :  
                                     int angka = 5;
          Aturan konvensi :
          1.  Bila terdiri satu abjad atau satu kata, semua abjad dituliskan sebagai huruf kecil.
Contoh: a  ,  nama.
          2. Bila nama terdiri dari dua kata atau lebih, huruf pertama dari kata pertama sebaiknya kecil,
             dan huruf pertama kata kedua dan seterusnya, sebaiknya huruf besar.
    c.   Constants atau Konstanta
          Constants merupakan data yang tidak berubah selama program berjalan.
            Pendeklarasian konstanta menggunakan :
      static final Datatype CONSTANTNAME = Value;
          
                              contoh : static final double PI = 3.14159;
                          area = radius*radius*PI;
                    Aturan konvensi:
1. Semua Abjad dari nama konstanta dituliskan dalam huruf kapital.
                               2.Bila Konstanta lebih dari satu kata, maka semuanya disambung menjadi satu  
                                 dan semua abjadnya juga dituliskan dalam bentuk kapital.
    d.  Tipe Data
Tipe data primitif pada Java:
1.       Numerik (bulat dan pecahan)
                           2.    Character (tipe data yang berisi satu character)
            3.    Boolean  (Boolean merupakan tipe data yang hanya berisi true atau falsh
            4.    Tipe Data Array
          Tipe data array digunakan untuk menampung beberapa tipe data yang sama dalam sebuah nama variable yang mempunyai indeks. Array pada java merupakan object  yang dapat berisi tipe data primitif maupun class.

4 . Kelebihan dan Kekurangan Java

            1.  Kelebihan Java
                      a. Sederhana dan Ampuh
 Java menyediakan sarana untuk membuat program (applet) yang berjalan pada web browser. Programmer dapat menggunakan applet kecil yang aman, dinamik, lintas platform, aktif

dan siap dijalankan di jaringan.
          b. Aman
             Java dirancang dengan konsep keamanan internet.
          c. Berorientasi Objek
Java tidak diturunkan bahasa pemrogaman manapun. Java memiliki keseimbangan yang menyediakan mekanisme peng-class-an sederhana dengan model antarmuka dinamik yang intuitif hanya jika diperlukan.
                    d.Kokoh
 Java membatasi programmer dengan memberi kunci supaya progamer dapat menemukan kesalahan lebih cepat saat mengembangkan program.


             e. Interaktif
Java dirancang untuk menciptakan program jaringan yang interaktif.
            f. Netral
Java netral  terhadap berbagai arsitektur, java mampu berjalan dalam platform apapun seperti PC, UNIX, Macintosh, dll.
                     g. Terinterpretasi dan Berkinerja Tinggi
 Java melengkapi keajaiban lintas platform yang luar biasa dengan kompilasi ke dalam representasi langsung yang disebut java code byte yang dapat diterjemahkan oleh system apapun yang memiliki java interpreter dan java virtual machine.

          h.  Java bersifat Multiplatform
Java dirancang untuk mendukung aplikasi yang dapat beroperasi di lingkungan jaringan berbeda. Untuk mengakomodasi hal tersebut, Java compiler membangkitkan bytecodes (sebuah format yang tidak tergantung pada arsitektur tertentu yang didesain untuk mengirimkan kode ke banyak platform perangkat keras dan perangkat lunak secara efisien). Java dapat dijalankan oleh banyak platform seperti Linux, Unix, Windows, Solari, maupun Mac.
          i. Java bersifat Multithread
Multithreading adalah kemampuan suatu program komputer untuk mengerjakan beberapa proses dalam suatu waktu. Thread dalam Java memiliki kemampuan untuk memanfaatkan kelebihan multi prosessor apabila sistem operasi yang digunakan mendukung multi prosessor.

j. Dapat Didistribusi dengan Mudah

Java memiliki library rutin yang lengkap untuk dirangkai pada protocol TCP/IP (seperti HTTP dan FTP) dengan mudah. Kemampuan networking Java lebih kuat dan lebih mudah digunakan. Java memudahkan tugas pemrograman jaringan yang sulit seperti membuka dan mengakses sebuah soket koneksi. Java juga mamudahkan pembuatan CGI (Common Gateway Interface).


k. Bersifat Dinamis

Java dirancang untuk beradaptasi dengan lingkungan yang sedang berkembang. Java bersifat dinamis dalam tahap linking. Class yang ada dapat di link sebatas yang diperlukan, apabila diperlukan modul kode yang baru dapat di link dari beberapa sumber, bahkan dari sumber dalam jaringan Internet.

      2.  Kelemahan Java
                          a.  Java memiliki kecepatan yang kurang dari bahasa C ++
        b. Implementasi J2ME tidak global
Misalnya, J2ME untuk Motorola dengan J2ME untuk Sony Ericson tidak sama. Berbeda lagi J2ME untuk Nokia. Setiap produk selalu mempunyai modul tersendiri yang dinilai aneh penerapannya dan harus di-compile dengan modul yang berbeda-beda.
                         c.  Java memakan banyak memori computer
                         d. Java merupakan bahasa yang kompleks dan susah dipelajari
       e. Program yang dibuat oleh bahasa ini lebih lambat
Bahasa pemrograman Java lebih lambat dibanding program yang dibuat dengan bahasa lain seperti C atau C++.







1.      Pengertian NetBeans
NetBeans adalah suatu serambi pengembangan perangkat lunak yang dituliskan dalam bahasa pemrograman Java. Serambi NetBeans pun memerkenankan suatu pengembangan aplikasi dilakukan dengan dimulai dari sesetel pembentukan kesatuan perangkat lunak modular yang dinamai modules.
Semula, aplikasi NetBeans IDE ini diperuntukkan demi suatu pengembangan dalam Java. Namun, aplikasi ini juga mendukung program-program pembuatan bahasa lain secara khusus seperti PHP, C/C++ dan HTML5
NetBeans adalah lintas platform serta penerapannya dijalankan pada Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, Solaris dan serambi-serambi lain yang mendukung suatu JVM yang sepadan.
2.      Sejarah NetBeans
Awal kemunculan aplikasi NetBeans telah ada sejak tahun 1997 yaitu sebagai sebuah proyek mahasiswa. Pada tahun tersebut, suatu perusahaan dibangun oleh Roman Staněk di sekitar proyek mahasiswa tersebut lalu perusahaan tersebut memulai memproduksi terbitan-terbitan NetBeans IDE yang bersifat perdagangan hingga akhirnya dibeli oleh Sun Microsystems di tahun 1999 lalu menjadikan NetBeans IDE sebagai serambi bersifat sumber terbuka pada bulan Juni 1999.
Netbeans adalah sebuah aplikasi Integrated Development Environment (IDE) yang berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas swing. Swing merupakan sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi dekstop yang dapat berjalan pada berbagai macam platform seperti windows, linux, Mac OS X dan Solaris. Sebuah IDE merupakan lingkup pemrograman yang di integrasikan ke dalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan Graphic User Interface (GUI), suatu kode editor atau text, suatu compiler dan suatu debugger.
Netbeans juga dapat digunakan progammer untuk menulis, meng-compile, mencari kesalahan dan menyebarkan program netbeans yang ditulis dalam bahasa pemrograman java namun selain itu dapat juga mendukung bahasa pemrograman lainnya dan program ini pun bebas untuk digunakan dan untuk membuat professional dekstop, enterprise, web, and mobile applications dengan Java language, C/C++, dan bahkan dynamic languages seperti PHP, JavaScript, Groovy, dan Ruby.
NetBeans merupakan sebuah proyek kode terbuka yang sukses dengan pengguna yang sangat luas, komunitas yang terus tumbuh, dan memiliki hampir 100 mitra (dan terus bertambah!). Sun Microsystems mendirikan proyek kode terbuka NetBeans pada bulan Juni 2000 dan terus menjadi sponsor utama. Dan saat ini pun netbeans memiliki 2 produk yaitu Platform Netbeans dan Netbeans IDE. Platform Netbeans merupakan framework yang dapat digunakan kembali (reusable) untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi deskto dan Platform NetBeans juga menawarkan layanan-layanan yang umum bagi aplikasi dekstop, mengijinkan pengembang untuk fokus ke logika yang spesifik terhadap aplikasi.
Fitur fitur yang terdapat dalam netbeans antara lain:
  1. Smart Code Completion: untuk mengusulkan nama variabel dari suatu tipe, melengkapi keyword dan mengusulkan tipe parameter dari sebuah method.
  2. Bookmarking: fitur yang digunakan untuk menandai baris yang suatu saat hendak kita modifikasi.
  3. Go to commands: fitur yang digunakan untuk jump ke deklarasi variabel, source code atau file yang ada pada project yang sama.
  4. Code generator: jika kita menggunakan fitur ini kita dapat meng-generate constructor, setter and getter method dan yang lainnya.
  5. Error stripe: fitur yang akan menandai baris yang eror dengan memberi highlight merah.
3.      Keunggulan dan Kelemahan Netbeans
·         Kelebihan NetBeans
1. NetBeans GUI Builder GRATIS tis tis tis dengan ribuan plug In yang bias
kita
download langsung di website resminya, maupun dari pihak ketiga
2. NetBeans GUI Builder sangat kompetebel dengan Swing karena memang langsung
dikembangkan oleh Sun yang notabenenya sebagai pengembang Swing.
3. Netbeans tidak hanya dapat digunakan buat java saja, karena Netbeans dapat di
gunakan untuk bahasa pemograman lain seperti C/C++, Ruby, dan PHP.
4. NetBeans GUI Builder sangat cocok untuk digunakan dalam pengembangan sistem
berskala Enterprise.
5. Pada paket tertentu, Netbeans juga menyertakan GlassFish V2 UR2 dan Apache
Tomcat 6.0.16
·         Kelemahan NetBeans
1. NetBeans hanya mensupport 1 pengembangan Java GUI, yaitu Swing, yang padahal
ada Java GUI yang dikembangkan oleh eclipse yang bernama SWT dan JFace yang
sudah cukup populer.
2. NetBeans mempatenkan source untuk Java GUI yang sedang dikerjakan dalam sebuah
Generated Code, sehingga programmer tak dapat mengeditnya secara manual.
3. Dari segi sumber daya, Netbeans memerlukan sumber daya yang besar, seperti
Memory dan ruang hard disk.
4. Netbeans memerlukan dukungan prosesor yang cukup handal untuk mendapatkan
performa maksimalnya







Setting Path Pada Java (windows 10)
1.        Install program java jdk pada windows anda , dan masuk ke system properties pada windows anda. dan pilih advanced system settings


2.       jika sudah lalu pilih enviroment variable dan pilih new untuk membuat enviroment variable, yaitu JAVA_HOME
            (isi variable name dengan JAVA_HOME dan variable value dengan lokasi penginstalan java jdk anda, dan tidak perlu memasukkan direktori /bin di belakang direktori java jdk anda)



3.       jika sudah lalu buka variable path, dan pilih new dan tambahkan %JAVA_HOME%\bin di urutan paling bawah pada variable tersebut.



4.      jika sudah mangka anda hanya tinggal melakukan proses test saja dengan menggunakan command prompt tanpa administrator
      buka cmd lalu ketikan perintah ini
- java -version
- javac -version
dan akan keluar hasil seperti ini jika pengaturannya berhasil



Contoh Program Sederhana Java dan NetBeans

Syntax program :
public class Belajar{
public static void main (String[]args){
System.out.println(“hello teman”);
System.out.println(“ayo belajar java”);
}
}



Syntax Program yang di tulis pada NetBeans :
package latihan;

public class Latihan {
       public static void main(String[] args) {
          
              // deklarasi variabel
              double panjang = 25;
              double lebar = 10;
              double jumlah;
              double kurang;
              double kali;
              double bagi;
              double modulus;
         
              //
hitung
              jumlah = panjang + lebar;
              kurang = panjang - lebar;
              kali   = panjang * lebar;
              bagi   = panjang / lebar;
              modulus = panjang % lebar;
          
              //mencetak hasil
              System.out.println("Hasil Penjumlahan    : " + jumlah);
              System.out.println("Hasil Pengurangan    : " + kurang);
              System.out.println("Hasil Perkalian      : " + kali);
              System.out.println("Hasil Pembagian      : " + bagi);
              System.out.println("Hasil Modulus : " + modulus);
       }

}










KESIMPULAN

            Dari beberapa bahasan mengenai bahasa pemrograman Java diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Java merupakan suatu teknologi di mana teknologi tersebut mencakup Java sebagai bahasa pemrograman yang memiliki sintaks dan aturan pemrograman tersendiri, juga mencakup Java sebagai platform yaitu di mana teknologi ini memiliki virtual machine dan library yang diperlukan untuk menulis dan menjalankan program yang ditulis dengan bahasa pemrograman java. James Gosling, selaku pencipta dan penemu bahasa pemrograman Java yang lahir pada 19 Mei 1956 dari tiga bersaudara di dekat Calgary, Kanada. Sejak kecil dia memang sangat tertarik dengan elektronika. Pada mulanya bahasa pemrograman yang ditemukan oleh James hendak dinamakan Oak, namun karena nama tersebut sudah digunakan perusahaan lain maka namanya berganti menjadi Java. Asal mula penamaan Java oleh James karena James sangat menyukai minuman kopi tubruk yang konon katanya berasal dari pulau Jawa. Itulah sebabnya dinamakan Java yang merupakan bahasa Inggris dari Jawa.
Java diciptakan oleh suatu tim yang dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling dalam suatu proyek dari Sun Microsystem yang memiliki kode Green dengan tujuan untuk menghasilkan bahasa komputer sederhana yang dapat dijalankan di peralatan sederhana dengan tidak terikat pada arsitektur tertentu. setelah melalui beberapa transformasi dan proses, Sun akhirnya meluncurkan browser dari Java yang disebut Hot Java yang mampu menjalankan applet. Setelah itu teknologi Java diadopsi oleh Netscape yang memungkinkan program Java dijalankan di browser Netscape sejak January 1996 yang kemudian diikuti oleh Internet Explorer. Karena keunikan dan kelebihannya, teknologi Java mulai menarik banyak vendor terkemuka seperti IBM, Symantec, Inprise, dll.
Akhirnya Sun merilis versi awal Java secara resmi pada awal 1996 yang kemudian terus berkembang hingga muncul JDK 1.1 kemudian JDK 1.2 yang menghasilkan banyak peningkatan dan perbaikan sehingga mulai versi ini Java disebut Java2. Perubahan yang utama adalah adanya Swing yang merupakan teknologi GUI (Graphical User Interface) yang mampu menghasilkan aplikasi window yang benar-benar portabel.
Dan pada tahun-tahun berikutnya (1998-1999) lahirlah teknologi J2EE (Java 2 Enterprise Edition) yang berbasis J2SE yang diawali dengan servlet dan EJB kemudian diikuti JSP. Kelebihan Java di lingkungan network dan terdistribusi serta kemampuan multithreading mengakibatkan Java menjadi cepat populer di lingkungan server side.
Terakhir teknologi Java melahirkan J2ME (Java 2 Micro Edition) yang sudah diadopsi oleh Nokia, Siemens, SonyEricsson, Motorola, Samsung untuk menghasilkan aplikasi mobile baik games maupun software bisnis dan berbagai jenis software lain yang dapat dijalankan di peralatan mobile seperti ponsel.





















DAFTAR PUSTAKA

http://informatika.web.id/sekilas-tentang-java.htm








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Praktikum SO(commant prompt dan cara copy file pdf)

MAKALAH Praktikum Sistem Operasi MODUL I Disusun oleh : Nama : Agustina Rohmawati NIM    : 20160810085 Prodi   : Teknik Informatika LABORATORIUM KOMPUTER FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS   KUNINGAN Jalan Cut Nyak Dhien Cijoho Kuningan 2017 DASAR TEORI Pengertian Cmd dan DOS 1.       Pengertian Cmd (command promt) Command Prompt adalah sebuah perintah dos yang terdapat pada OS windows yang dapat memudahkan user dalam menjelajahi windows baik secara online maupun offline, dan aplikasi ini bisa juga disalahgunakan oleh seorang cracker untuk menjalankan aksi-aksinya hanya dengan menggunakan command prompt. Command Prompt atau DOS prompt adalah sebuah command line (baris perintah) pada sebuah OS (Operating System) berbasis GUI untuk mengesekusi file dengan cara menuliskan perintahnya pada jendela cmd. Atau singkatnya Command...

MAKALAH Praktikum Sistem Operasi MODUL VIII (Manajemen Perangkat Keras)

MAKALAH Praktikum Sistem Operasi MODUL VIII ( Manajemen Perangkat Keras) Disusun oleh : Nama : Agustina Rohmawati NIM    : 20160810085 Prodi   : Teknik Informatika LABORATORIUM KOMPUTER FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS   KUNINGAN Jalan Cut Nyak Dhien Cijoho Kuningan 2017 Top of Form Bottom of Form M anajemen P erangkat K eras DASAR TEORI: 1 FILE PERANGKAT KERAS /dev berisi file device (perangkat) yang merupakan aspek penting pada sistem file Linux. /dev/cdrom dan /dev/fd0 merupakan drive CD-ROM dan floppy pada komputer Anda. Kita dapat melkaukan akses read dan write pada perangkat. Sebagai contoh /dev/dsp merupakan perangkat speaker. Sembarang data yang ditulis ke file ini akan dialihkan ke speaker. ’cat /boot/vmlinuz > /dev/dsp’ menyebabkan kita dapat mendengarkan suara dari speaker. Untuk mencetak file dapat dikirim k...