MAKALAH
Praktikum Bahasa Pemograman1
MODUL I
Disusun
oleh :
Nama :
|
Agustina Rohmawati
|
NIM
:
|
20160810085
|
Prodi
:
|
Teknik
Informatika
|
LABORATORIUM KOMPUTER
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS
KUNINGAN
Jalan
Cut Nyak Dhien Cijoho Kuningan
2017
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah dengan memanjtkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT,
Penulis dapat meneyelesaikan makalah ini dan tak lupa penulis haturkan terima
kasih kepada semua pihak yang telah
mendukung dan membantu Penulis dalam menyelesaikan makalah ini. Dalam makalah yang berjudul “Makalah Java dan Netbeans” ini, akan
dibahas mengenai pengertian Java, sejarah Java itu sendiri, kemudian
dasar-dasar pemrograman Java yang menjelaskan tentang variabel, tipe data, dan
operator yang terdapat dalam bahasa pemrograman Java. Dan juga akan di jelaskan tentang setting path pada Java.
Selain itu,
untuk mempermudah pemahaman
sebagai bahan latihan, Penulis juga menyertakan contoh program Java yang dapat dipraktekkan oleh para pembaca.Namun
demikian,
Penulis menyadari bahwa makalah tersebut masih banyak kekurangan dan masih jauh dari kesempurnaan.
Oleh karena itu penulis berharap akan kritik dan sarannya dari segenap pembaca.
Demikianlah semoga makalah yang telah dibuat tersebut dapat bermanfaat bagi
semuanya. Terimakasih
Kuningan, November 2017
Penulis ,
Agustina Rohmawati
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR.......................................................................................................
DAFTAR
ISI....................................................................................................................
BAB
I PENDAHULUAN
I.
Latar Belakang.........................................................................................................
II. Rumusan
Masalah...................................................................................................
III.
Tujuan dan Manfaat.............................................................................................
BAB
I PEMBAHASAN
A. Pengertian
Java........................................................................................................
B. Sejarah
Java.............................................................................................................
C. Struktur
Dasar Pemograman Java............................................................................
D. Kelebihan
dan Kekurangan Java..............................................................................
E. Pengertian
Netbeans................................................................................................
F. Sejarah Netbeans.....................................................................................................
G. Keunggulan
dan Kelemahan Netbeans...................................................................
H. Setting path pada Java............................................................................................
I. Contoh
Program Sederhana Java dan Netbeans.......................................................
PENUTUP
J.
Kesimpulan.............................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang Masalah
Pesatnya
teknologi, terutama teknologi komputer sudah tak bisa dipungkiri lagi, bagi
yang mengikuti perkembangannya, ia tidak akan dipandang sebelah mata.
Sebaliknya, bagi yang tidak mengikuti perkembangannya, bersiaplah untuk mundur
secara suka rela dari panggung kompetisi. Ibarat wabah, teknologi komputer
sudah menyusupi hampir semua bidang kehidupan manusia. Dari pemerintah pusat
sampai tingkat pemerintah desa, perusahaan-perusahaan, supermarket, minimarket,
perguruan tinggi, SLTA, SLTP, bahkan SD hamper semuanya mengenal komputer.
Saat ini, yang
mempunyai lingkungan yang semakin luas dan banyak diminati, juga dapat
digunakan untuk menghasilkan uang adalah dunia pemrograman komputer.
Dalam dunia pemrograman komputer, dikenal banyak bahasa pemrograman, seperti C,
C++, Pascal, Basic, Java, dan lain-lain. Di antara banyaknya bahasa
pemrograman, dalam Makalah ini Penulis akan membahas Tentang Java netbeans berikut contoh
programnya.
2. Rumusan
Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan Java ?
2. Bagaimana Sejarah Java secara
Lengkap?
3. Apa saja Struktur
Dasar Pemograman Java?
4. Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Java?
5. Apa yang dimaksud NetBeans?
6. Bagaimana Sejarah NetBaeans secara lengkap?
7. Apa
Saja Kelebihan
dan Kekurangan NetBeans?
8. Bagaimana
cara
menyertting path NetBeans pada Java?
9. Bagaimana
contoh program menggunakan Java dan NetBeans?
3. Tujuan
dan Manfaat
Adapun tujuan
dalam penulisan makalah ini antara lain :
Untuk memenuhi tugas dari dosen
mata kuliah Bahasa Pemograman1 Untuk
menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi semua pembaca termasuk penulis yang
telah mencari infomasi perkembangan teknologi dan referensi mengenai teknologi
tentang java dan NetBeans
tersebut.
BAB II
PEMBAHASAN
1.
Pengertian Java
Java
adalah suatu teknologi di dunia software komputer. Selain merupakan suatu
bahasa pemrograman, Java juga merupakan suatu platform. Java merupakan
teknologi di mana teknologi tersebut mencakup Java sebagai bahasa pemrograman
yang memiliki sintaks dan aturan pemrograman tersendiri, juga mencakup Java
sebagai platform yaitu di mana teknologi ini memiliki virtual machine dan
library yang diperlukan untuk menulis dan menjalankan program yang ditulis
dengan bahasa pemrograman java.
2.
Sejarah Tentang Java
Java Programming atau Bahasa
pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18
bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum
menggunakan versi yang dinamakan Oak.
Pelopor proyek tersebut adalah Patrick Naughton, Mike Sheridan, James
Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems.
Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.
Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di
Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan
sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah
peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA
sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai “*7″ (Star Seven).
Setelah zaman Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan TV kabel tertarik
ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan
kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto.
Perusahaan baru ini bertambah maju, jumlah karyawan meningkat dalam waktu
singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu juga ditetapkan pemakaian
Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada
awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di
kalangan akademisi dan militer.
Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk
membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film
1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti
nama menjadi Hot Java.
James Gosling dan kawan-kawan telah mengantarkan bahasa pemrograman baru (Java)
yang dapat berjalan pada semua platform peranti elektronika. Perbedaan platform
diatasi dengan membuat mesin virtual pada arsitektur bahasa pemrograman yang
baru. Mesin virtual tersebut akan menerjemahkan kode pemrograman menjadi bahasa
yang dikenali mesin apa pun. Java juga dikenal sangat andal dan memiliki sistem
keamanan sendiri.
Java hadir pada momentum yang tepat saat internet dan
kebutuhan aplikasi multimedia mulai berkembang. James Gosling membuktikan
kehebatan Java bersama John Gage, direktur Sun Science Office saat memberikan
presentasi bertajuk "Hollywood-meets-Silicon-Valley" di awal tahun
1995. Ia berhasil memperlihatkan gerakan molekul tiga dimensi di tengah-tengah
layar komputer dengan menggerakkan mouse. Apalagi sejak HotJava (sebelumnya
disebut WebRunner) browser internet berbasis Java siap diluncurkan sebulan
kemudian. Kerjasama antara Sun Microsystems dan Netscape untuk memasang Java
pada browser Netscape Communicator saat dirilis kemudian ikut mempercepat
ketenaran Java.
Sejak dirilis pada 23 Mei 1995, Java segera melejit menjadi
bahasa pemrograman favorit. Java menghasilkan gelombang baru dalam dunia
komputasi. Apalagi Sun memberikan source code Java secara cuma-cuma melalui
internet. Dengan demikian Java segera tersebar dan setiap orang dapat mencoba
dan memberikan umpan balik. Respons yang diberikan para pengguna Java ikut
berkontribusi memperbaiki dari versi alpha (1.0a2) hingga versi 2 pada saat
ini. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemberitaan pertama kali pada surat
kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995. Keberhasilan Sun
menghadirkan Java sebagai yang terdepan dalam komunikasi internet tidak lepas
dari peran James Gosling, arsitek bahasa pemrograman Java.
Sayang terjadi perpecahan di antara mereka suatu hari pada
pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama
proyek, Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc
Andreessen, membentuk Netscape.
Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja
“bapak java”, James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release
Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang
tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi “Java”. Nama ini diambil
dari kopi murrni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan
Gosling. Konon kopi ini berasal dari Pulau Jawa. Jadi nama bahasa
pemrograman Java tidak lain berasal dari kata Jawa, karena bahasa Inggris Jawa
adalah Java.
3. Struktur Program
Java
a. Package atau
Paket
Package atau paket adalah cara pengelompokan dan pengorganisasian class-class
dalam satu library. Package bekerja dengan membuat direktori dan folder baru
sesuai denga penamaan package, kemudian menyimpan file class pada folder
tersebut.
deklarasi:
package namaPackage;
Package adalah perintah java yang digunakan untuk memberitahukan bahwa suatu
class adalah anggota dari package, sedangkan namaPackage dapat berupa susunan
direktori tempat dimana file class disimpan atau nama folder. Penulisan nama
package dalam java biasanya diawali denga huruf kecil.
b.
Import
Perintah import digunakan untuk memberitahukan kepada program untuk
mengacu pada class-class yang terdapat pada package tersebut dan buka
menjalankan class-class tersebut. Dalam program, anda dapat mengimport class-class tertentu
saja dan dapat pula mengimport semua class yang terdapat pada package.
deklarasi:
import
namaPackage.*;
import
namaPackage.namaKelas;
Untuk mengimport semua class anda
menggunakan tanda asterisk (*) pada akhir nama package. Sedangkan untuk
mengimpor class tertentu anda dapat menuliskan nama class setelah nama package.
c.
Comments atau Komentar
Comments atau komentar adalah catatan yang ditulis bersama
kode program yang berguna sebagai catatan/keterangan dari suatu kode, sehingga
dapat digunakan sebagai referensi dalam pembuatan dokmentasi. Komentar merupakan bagian dari
program yang tidak mempengaruhi jalannya program saat program dikompilasi atau
dieksekusi. Dalam penulisan komentar, java mengizinkan penulisan komentar dalam
versi java sendiri yang dapat digunakan sebagai pembuatan dokumentasi html.
Selain itu java juga mengadopsi penulisan versi C dan C++ akan tetapi dapat
dibuat dokumnetasi html.
lambang untuk comments :
-
double slash ( // ), untuk memberikan penjelasan satu baris
contoh:
//latihan java.
//latihan java.
komentar
di atas menggunakan // sebagai penanda komentar yang berarti satu baris.
- tanda/**, digunakan sebagai awalan
dalam penulisan komentar java
contoh:
/**
*ini
adalah contoh komentar dalam versi java
*menguasai
pemrograman java
didalam
tanda tersebut anda dapat menulisakan lebih dari satu baris komentar.
- tanda /* dan tanda */, penulisan
komentar yang diawali dengan tanda /** kemudian
setelah tanda tersebut di anggap sebagai komentar yang
panjang, anda
dapat menggunakan tanda/* dan di akhiri
tanda */
contoh:
/* ini baris komentar hingga 2
Baris, ini yang pertama
Ini baris yang kedua*/
/* ini baris komentar hingga 2
Baris, ini yang pertama
Ini baris yang kedua*/
komentar akan di anggap sebagai
Javadoc commets yang menggunakan tanda /** dan di akhiri */ komentar ini
digunakan untuk momberikan dokumentasi tentang class, data dan method yang
digunakan.
d. Modifier
Modifier adalah keyword java yang berfungsi mengatur hubungan antar class,
method, dan variable. Hubungan yang dimaksud yakni apakah suatu
variable, method dan class dama satu class dapat diakses oleh class dan method
lainya. Modifiers adalah beberapa kata khusus tertentu yang digunakan dalam
aplikasi Java. Modifiers dalam Java berfungsi Untuk menetapkan property dari
data, method, atau class dan bagaimana cara menggunakannya.
Macam-macam
modifier:
- Public
Bisa diakses oleh kelas .
Bisa diakses oleh kelas .
- Protected
Bisa diakses tetapi hanya untuk kelas anak.
Bisa diakses tetapi hanya untuk kelas anak.
- Private
Tidak bias diakses.
Tidak bias diakses.
e.
Statements
Statements
merupakan baris perintah atau kumpulan perintah. Statements
mempresentasikan sebuah aksi atau sebuah urutan aksi. Setiap statements pada
java selalu diakhiri dengan titik koma (;).
contoh:
System.out.println(“Selamat datang di stya bloegst.....”);
System.out.println(“Selamat datang di stya bloegst.....”);
yang akan menghasilkan dicetaknya kalimat yang berada di dalam kurung dan diantara tanda petik ke console windows.
f. Blocks
Blocks adalah himpunan
pernyataan yang terdapat diantara tanda brace/kurung kurawal {…}. Block digunakan untuk membentuk sekelompok (satu blok)
perintah atau komponen lain (grup statements). Dalam program digunakan
untuk membentuk sebuah struktur pada program seperti class atau method.
contoh:
Public class stya
{ //awal blok clas
} //akhir dari blok class
{ //awal blok clas
} //akhir dari blok class
Macam-macam
block:
- block
class
Blok class
dimulai dari tanda “{“ setelah identifier dan diakhiri dengan tanda “}”. Disini
terlihat blok class sebagai hierarkhi tertinggi yang didalamnya terdapat data,
blok method.
- block method
Blok method terdapat dalam blok class dan tidak dapat
berdiri sendiri. Blok method terdiri atas data dan struktur control.
- block
control
Blok
kontrol merupakan representasi struktur control
g.
Classes
Classes adalah struktur program yang paling mendasar pada Java class.
Suatu class merupakan “blueprint” untuk menciptakan suatu objek. Untuk
melakukan pemograman dengan menggunakan bahasa java kita harus mengerti dasar-dasar
pemograman berorientasi object. Juga mampu membuat class dan
menggunakannya di dalam pemograman.
Format
class :
Modifier class nama_calss{
}
Contoh:
Public class stya{
}
Privat class stya{
}
Modifier class nama_calss{
}
Contoh:
Public class stya{
}
Privat class stya{
}
h. Method atau Fungsi
Sebuah
class harus memiliki setidaknya sebuah method. Class utama dalam program
java harus memiliki method utama .Jadi method harus ada di dalam class dan
tidak dapat berdiri sendiri seperti sebuah fungsi diluar class.
format
penulisannya:
Modifier tipe_data_balikan nama_method (parameter){
}
Modifier tipe_data_balikan nama_method (parameter){
}
Contoh
:
Public void stya(){
}
}
i. Main method
Seperti yang telah
disebutkan diatas bahwa tiap class harus memiliki method , dan class utama dalam
program juga harus memiliki method utama yang disebut juga main method.main
method ini fungsinya mengontrol seluruh alur dari program sewaktu menjalankan
tugasnya.
contoh:
public static void main (String args []){
System.out.println (“Selamat daytang di stya bloegst”);
}
j. Reserved Word atau Kata Kunci
Reserved Word
atau Kata Kunci merupakan kata yang sudah memiliki arti tersendiri
atau khusus bagi interpreter dan compiler java untuk diterjemahkan menjadi
perintah kepada computer untuk mengerjakan sesuatu.
contoh :
Public, Static, Void, Privat, Protected
2. Elemen Pembentuk Java
a. Identifiers
Identifiers adalah suatu tanda yang berupa
huruf, kata, atau gabungan kata yang digunakan untuk penamaan dalam pemrograman
pada variabel, konstanta, method, class, dan package. Java
merupakan bahasa pemrograman yang case-sensitive (membedakan antara
huruf besar dan kecil).
Aturan penamaan identifiers pada
java adalah :
1. Dapat dimulai dengan huruf, underscore
( _ ) atau tanda $
2. Tidak
dapat menggunakan simbol operator seperti : +, - , * , / dan lain- lain
3. Tidak dapat menggunakan reserved
word
4. Dapat mempunyai panjang berapa
saja.
b. Variables
Variables digunakan
untuk input,output atau menyimpan hasil suatu proses pada
program.
Untuk melakukan deklarasi suatu variables digunakan
:
- Data type variable
Name;
Contoh :
int angka;
untuk mendeklarasi sekaligus
melakukan inisialisasi digunakan :
- Data type variable Name =
value;
Contoh :
int angka = 5;
Aturan
konvensi :
1. Bila terdiri satu abjad
atau satu kata, semua abjad dituliskan sebagai huruf kecil.
Contoh:
a , nama.
2. Bila nama terdiri dari dua
kata atau lebih, huruf pertama dari kata pertama sebaiknya kecil,
dan huruf pertama kata kedua dan seterusnya,
sebaiknya huruf besar.
c. Constants atau Konstanta
Constants merupakan
data yang tidak berubah selama program berjalan.
Pendeklarasian konstanta menggunakan
:
static final Datatype CONSTANTNAME = Value;
contoh : static final double PI =
3.14159;
area = radius*radius*PI;
Aturan konvensi:
1. Semua Abjad dari nama konstanta
dituliskan dalam huruf kapital.
2.Bila Konstanta lebih dari satu kata, maka semuanya
disambung menjadi satu
dan semua abjadnya juga dituliskan
dalam bentuk kapital.
d. Tipe Data
Tipe data
primitif
pada Java:
1. Numerik (bulat dan pecahan)
2. Character (tipe data yang berisi
satu character)
3.
Boolean (Boolean
merupakan
tipe data yang hanya berisi true atau falsh
4. Tipe Data Array
Tipe data array digunakan untuk menampung beberapa tipe data yang sama
dalam sebuah nama variable yang mempunyai indeks. Array pada java
merupakan object yang dapat berisi tipe data primitif maupun class.
4 . Kelebihan dan Kekurangan Java
1. Kelebihan Java
a. Sederhana
dan Ampuh
Java menyediakan sarana untuk membuat program
(applet) yang berjalan pada web browser. Programmer dapat menggunakan applet
kecil yang aman, dinamik, lintas platform, aktif
b. Aman
Java
dirancang dengan konsep keamanan internet.
c. Berorientasi
Objek
Java tidak diturunkan bahasa pemrogaman manapun. Java
memiliki keseimbangan yang menyediakan mekanisme peng-class-an sederhana dengan
model antarmuka dinamik yang intuitif hanya jika diperlukan.
d.Kokoh
Java
membatasi programmer dengan memberi kunci supaya progamer dapat menemukan
kesalahan lebih cepat saat mengembangkan program.
e. Interaktif
Java
dirancang untuk menciptakan program jaringan yang interaktif.
f. Netral
Java netral terhadap berbagai arsitektur, java mampu berjalan dalam
platform apapun seperti PC, UNIX, Macintosh, dll.
g. Terinterpretasi dan Berkinerja Tinggi
Java melengkapi keajaiban lintas platform yang
luar biasa dengan kompilasi ke dalam representasi langsung yang disebut java
code byte yang dapat diterjemahkan oleh system apapun yang memiliki java
interpreter dan java virtual machine.
h. Java bersifat Multiplatform
Java
dirancang untuk mendukung aplikasi yang dapat beroperasi di lingkungan jaringan
berbeda. Untuk mengakomodasi hal tersebut, Java compiler membangkitkan
bytecodes (sebuah format yang tidak tergantung pada arsitektur tertentu yang
didesain untuk mengirimkan kode ke banyak platform perangkat keras dan
perangkat lunak secara efisien). Java dapat dijalankan oleh banyak platform
seperti Linux, Unix, Windows, Solari, maupun Mac.
i. Java bersifat Multithread
Multithreading adalah kemampuan suatu program komputer untuk
mengerjakan beberapa proses dalam suatu waktu. Thread dalam Java memiliki kemampuan
untuk memanfaatkan kelebihan multi prosessor apabila sistem operasi yang
digunakan mendukung multi prosessor.
j. Dapat Didistribusi dengan Mudah
Java memiliki library rutin yang lengkap untuk dirangkai pada protocol TCP/IP (seperti HTTP dan FTP) dengan mudah. Kemampuan networking Java lebih kuat dan lebih mudah digunakan. Java memudahkan tugas pemrograman jaringan yang sulit seperti membuka dan mengakses sebuah soket koneksi. Java juga mamudahkan pembuatan CGI (Common Gateway Interface).
k. Bersifat
Dinamis
Java dirancang untuk beradaptasi dengan lingkungan yang sedang berkembang. Java bersifat dinamis dalam tahap linking. Class yang ada dapat di link sebatas yang diperlukan, apabila diperlukan modul kode yang baru dapat di link dari beberapa sumber, bahkan dari sumber dalam jaringan Internet.
2. Kelemahan Java
a. Java memiliki kecepatan yang kurang dari bahasa C ++
b. Implementasi J2ME tidak
global
Misalnya,
J2ME untuk Motorola dengan J2ME untuk Sony Ericson tidak sama. Berbeda lagi
J2ME untuk Nokia. Setiap produk selalu mempunyai modul tersendiri yang dinilai
aneh penerapannya dan harus di-compile dengan modul yang berbeda-beda.
c. Java
memakan banyak memori computer
d. Java
merupakan bahasa yang kompleks dan susah dipelajari
e. Program yang
dibuat oleh bahasa ini lebih lambat
Bahasa pemrograman Java lebih lambat dibanding program
yang dibuat dengan bahasa lain seperti C atau C++.
1.
Pengertian
NetBeans
NetBeans adalah suatu serambi pengembangan perangkat lunak yang dituliskan dalam bahasa pemrograman Java. Serambi NetBeans pun memerkenankan
suatu pengembangan aplikasi dilakukan dengan dimulai dari sesetel pembentukan
kesatuan perangkat lunak modular yang dinamai modules.
Semula, aplikasi NetBeans IDE ini diperuntukkan demi suatu
pengembangan dalam Java. Namun, aplikasi ini juga mendukung program-program
pembuatan bahasa lain secara khusus seperti PHP, C/C++ dan HTML5
NetBeans adalah lintas
platform
serta penerapannya dijalankan pada Microsoft
Windows,
Mac OS X, Linux, Solaris dan serambi-serambi lain yang
mendukung suatu JVM yang sepadan.
2. Sejarah
NetBeans
Awal kemunculan aplikasi NetBeans
telah ada sejak tahun 1997 yaitu sebagai sebuah proyek
mahasiswa. Pada tahun tersebut, suatu perusahaan dibangun oleh Roman Staněk di
sekitar proyek mahasiswa tersebut lalu perusahaan tersebut memulai memproduksi
terbitan-terbitan NetBeans IDE yang bersifat perdagangan hingga akhirnya dibeli
oleh Sun
Microsystems di tahun 1999 lalu menjadikan NetBeans IDE sebagai serambi
bersifat sumber terbuka pada bulan Juni 1999.
Netbeans adalah sebuah aplikasi
Integrated Development Environment (IDE) yang berbasiskan Java dari Sun
Microsystems yang berjalan di atas swing. Swing merupakan sebuah teknologi Java
untuk pengembangan aplikasi dekstop yang dapat berjalan pada
berbagai macam platform seperti windows, linux, Mac OS X dan Solaris. Sebuah
IDE merupakan lingkup pemrograman yang di integrasikan ke dalam suatu aplikasi
perangkat lunak yang menyediakan Graphic User Interface (GUI), suatu kode
editor atau text, suatu compiler dan suatu debugger.
Netbeans juga dapat digunakan
progammer untuk menulis, meng-compile, mencari kesalahan dan menyebarkan
program netbeans yang ditulis dalam bahasa pemrograman java namun selain itu
dapat juga mendukung bahasa pemrograman lainnya dan program ini pun bebas untuk
digunakan dan untuk membuat professional dekstop, enterprise, web, and
mobile applications dengan Java language, C/C++, dan bahkan dynamic languages
seperti PHP, JavaScript, Groovy, dan Ruby.
NetBeans merupakan sebuah proyek kode terbuka yang sukses dengan pengguna yang sangat luas, komunitas yang terus tumbuh, dan memiliki hampir 100 mitra (dan terus bertambah!). Sun Microsystems mendirikan proyek kode terbuka NetBeans pada bulan Juni 2000 dan terus menjadi sponsor utama. Dan saat ini pun netbeans memiliki 2 produk yaitu Platform Netbeans dan Netbeans IDE. Platform Netbeans merupakan framework yang dapat digunakan kembali (reusable) untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi deskto dan Platform NetBeans juga menawarkan layanan-layanan yang umum bagi aplikasi dekstop, mengijinkan pengembang untuk fokus ke logika yang spesifik terhadap aplikasi.
Fitur fitur yang terdapat dalam netbeans antara lain:
NetBeans merupakan sebuah proyek kode terbuka yang sukses dengan pengguna yang sangat luas, komunitas yang terus tumbuh, dan memiliki hampir 100 mitra (dan terus bertambah!). Sun Microsystems mendirikan proyek kode terbuka NetBeans pada bulan Juni 2000 dan terus menjadi sponsor utama. Dan saat ini pun netbeans memiliki 2 produk yaitu Platform Netbeans dan Netbeans IDE. Platform Netbeans merupakan framework yang dapat digunakan kembali (reusable) untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi deskto dan Platform NetBeans juga menawarkan layanan-layanan yang umum bagi aplikasi dekstop, mengijinkan pengembang untuk fokus ke logika yang spesifik terhadap aplikasi.
Fitur fitur yang terdapat dalam netbeans antara lain:
- Smart Code Completion: untuk mengusulkan nama variabel dari suatu tipe, melengkapi keyword dan mengusulkan tipe parameter dari sebuah method.
- Bookmarking: fitur yang digunakan untuk menandai baris yang suatu saat hendak kita modifikasi.
- Go to commands: fitur yang digunakan untuk jump ke deklarasi variabel, source code atau file yang ada pada project yang sama.
- Code generator: jika kita menggunakan fitur ini kita dapat meng-generate constructor, setter and getter method dan yang lainnya.
- Error stripe: fitur yang akan menandai baris yang eror dengan memberi highlight merah.
3.
Keunggulan dan Kelemahan Netbeans
·
Kelebihan NetBeans
1. NetBeans GUI Builder GRATIS tis tis tis dengan ribuan plug In yang bias
1. NetBeans GUI Builder GRATIS tis tis tis dengan ribuan plug In yang bias
kita
download langsung di website resminya, maupun dari pihak ketiga
2. NetBeans GUI Builder sangat kompetebel dengan Swing karena memang langsung
dikembangkan oleh Sun yang notabenenya sebagai pengembang Swing.
3. Netbeans tidak hanya dapat digunakan buat java saja, karena Netbeans dapat di
gunakan untuk bahasa pemograman lain seperti C/C++, Ruby, dan PHP.
4. NetBeans GUI Builder sangat cocok untuk digunakan dalam pengembangan sistem
berskala Enterprise.
5. Pada paket tertentu, Netbeans juga menyertakan GlassFish V2 UR2 dan Apache
Tomcat 6.0.16
download langsung di website resminya, maupun dari pihak ketiga
2. NetBeans GUI Builder sangat kompetebel dengan Swing karena memang langsung
dikembangkan oleh Sun yang notabenenya sebagai pengembang Swing.
3. Netbeans tidak hanya dapat digunakan buat java saja, karena Netbeans dapat di
gunakan untuk bahasa pemograman lain seperti C/C++, Ruby, dan PHP.
4. NetBeans GUI Builder sangat cocok untuk digunakan dalam pengembangan sistem
berskala Enterprise.
5. Pada paket tertentu, Netbeans juga menyertakan GlassFish V2 UR2 dan Apache
Tomcat 6.0.16
·
Kelemahan NetBeans
1. NetBeans hanya mensupport 1 pengembangan Java GUI, yaitu Swing, yang padahal
ada Java GUI yang dikembangkan oleh eclipse yang bernama SWT dan JFace yang
sudah cukup populer.
2. NetBeans mempatenkan source untuk Java GUI yang sedang dikerjakan dalam sebuah
Generated Code, sehingga programmer tak dapat mengeditnya secara manual.
3. Dari segi sumber daya, Netbeans memerlukan sumber daya yang besar, seperti
Memory dan ruang hard disk.
4. Netbeans memerlukan dukungan prosesor yang cukup handal untuk mendapatkan
performa maksimalnya
1. NetBeans hanya mensupport 1 pengembangan Java GUI, yaitu Swing, yang padahal
ada Java GUI yang dikembangkan oleh eclipse yang bernama SWT dan JFace yang
sudah cukup populer.
2. NetBeans mempatenkan source untuk Java GUI yang sedang dikerjakan dalam sebuah
Generated Code, sehingga programmer tak dapat mengeditnya secara manual.
3. Dari segi sumber daya, Netbeans memerlukan sumber daya yang besar, seperti
Memory dan ruang hard disk.
4. Netbeans memerlukan dukungan prosesor yang cukup handal untuk mendapatkan
performa maksimalnya
Setting Path Pada Java (windows 10)
1.
Install program java jdk pada windows anda ,
dan masuk ke system properties pada windows anda. dan pilih advanced system
settings
2.
jika sudah lalu pilih enviroment
variable dan pilih new untuk membuat enviroment variable, yaitu JAVA_HOME
(isi variable name dengan
JAVA_HOME dan variable value dengan lokasi penginstalan java jdk anda, dan
tidak perlu memasukkan direktori /bin di belakang direktori java jdk anda)
3.
jika sudah lalu buka variable path,
dan pilih new dan tambahkan %JAVA_HOME%\bin di urutan paling bawah pada
variable tersebut.
4.
jika sudah mangka anda hanya tinggal melakukan proses test saja dengan
menggunakan command prompt tanpa administrator
buka cmd lalu ketikan perintah
ini
- java -version
- javac -version
dan akan keluar hasil seperti ini jika pengaturannya berhasil
Contoh Program Sederhana Java dan
NetBeans
Syntax program :
public class Belajar{
public static void main (String[]args){
System.out.println(“hello
teman”);
System.out.println(“ayo belajar java”);
}
}
|
Syntax Program yang di tulis pada
NetBeans :
package latihan;
public class Latihan { public static void main(String[] args) { // deklarasi variabel double panjang = 25; double lebar = 10; double jumlah; double kurang; double kali; double bagi; double modulus; //hitung jumlah = panjang + lebar;
kurang = panjang - lebar;
kali = panjang * lebar; bagi = panjang / lebar; modulus = panjang % lebar; //mencetak hasil System.out.println("Hasil Penjumlahan : " + jumlah); System.out.println("Hasil Pengurangan : " + kurang); System.out.println("Hasil Perkalian : " + kali); System.out.println("Hasil Pembagian : " + bagi); System.out.println("Hasil Modulus : " + modulus); } } |
KESIMPULAN
Dari beberapa bahasan mengenai bahasa pemrograman Java diatas, maka dapat
disimpulkan bahwa Java merupakan suatu teknologi di mana teknologi tersebut
mencakup Java sebagai bahasa pemrograman yang memiliki sintaks dan aturan
pemrograman tersendiri, juga mencakup Java sebagai platform yaitu di mana
teknologi ini memiliki virtual machine dan library yang diperlukan untuk
menulis dan menjalankan program yang ditulis dengan bahasa pemrograman java.
James Gosling, selaku pencipta dan penemu bahasa pemrograman Java yang lahir
pada 19 Mei 1956 dari tiga bersaudara di dekat Calgary, Kanada. Sejak kecil dia
memang sangat tertarik dengan elektronika. Pada mulanya bahasa pemrograman yang
ditemukan oleh James hendak dinamakan Oak, namun karena nama tersebut sudah
digunakan perusahaan lain maka namanya berganti menjadi Java. Asal mula
penamaan Java oleh James karena James sangat menyukai minuman kopi tubruk yang
konon katanya berasal dari pulau Jawa. Itulah sebabnya dinamakan Java yang
merupakan bahasa Inggris dari Jawa.
Java diciptakan oleh suatu tim yang dipimpin oleh Patrick
Naughton dan James Gosling dalam suatu proyek dari Sun Microsystem yang
memiliki kode Green dengan tujuan untuk menghasilkan bahasa komputer sederhana
yang dapat dijalankan di peralatan sederhana dengan tidak terikat pada
arsitektur tertentu. setelah melalui beberapa transformasi dan proses, Sun
akhirnya meluncurkan browser dari Java yang disebut Hot Java yang mampu
menjalankan applet. Setelah itu teknologi Java diadopsi oleh Netscape yang
memungkinkan program Java dijalankan di browser Netscape sejak January 1996
yang kemudian diikuti oleh Internet Explorer. Karena keunikan dan kelebihannya,
teknologi Java mulai menarik banyak vendor terkemuka seperti IBM, Symantec,
Inprise, dll.
Akhirnya Sun merilis versi awal Java secara resmi pada awal
1996 yang kemudian terus berkembang hingga muncul JDK 1.1 kemudian JDK 1.2 yang
menghasilkan banyak peningkatan dan perbaikan sehingga mulai versi ini Java
disebut Java2. Perubahan yang utama adalah adanya Swing yang merupakan
teknologi GUI (Graphical User Interface) yang mampu menghasilkan aplikasi
window yang benar-benar portabel.
Dan pada tahun-tahun berikutnya (1998-1999) lahirlah
teknologi J2EE (Java 2 Enterprise Edition) yang berbasis J2SE yang diawali
dengan servlet dan EJB kemudian diikuti JSP. Kelebihan Java di lingkungan
network dan terdistribusi serta kemampuan multithreading mengakibatkan Java
menjadi cepat populer di lingkungan server side.
Terakhir teknologi Java melahirkan J2ME (Java 2 Micro Edition)
yang sudah diadopsi oleh Nokia, Siemens, SonyEricsson, Motorola, Samsung untuk
menghasilkan aplikasi mobile baik games maupun software bisnis dan berbagai
jenis software lain yang dapat dijalankan di peralatan mobile seperti ponsel.
DAFTAR PUSTAKA
http://informatika.web.id/sekilas-tentang-java.htm
Komentar
Posting Komentar